Kamis, 03 Desember 2015

TIPS MENJADI PINTAR

  1.  Tingkatkan ingatan Anda. Seringkali yang dianggap sebagai kecerdasan merupakan kemampuan untuk mengingat dengan baik. Anda dapat meingkatkan kemampuan menyimpan dan mengingat ingatan-ingatan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jembatan keledai dan lebih memperhatikan detail.
    Iklan
  2. Become More Intelligent Than You Are Now Step 5
    2
    Rasa ingin tahu. Bagaimana bisa sebagian orang tahu begitu banyak hal? Ingatan yang baik hanyalah sebagian jawabannya: Anda harus punya rasa ingin tahu. Jika Anda puas menjalani hidup dengan sedikit atau tanpa pemahaman sama sekali mengenai hal-hal yang belum Anda kenal, maka Anda tidak akan banyak belajar. Usahakan secara sadar untuk lebih ingin tahu dengan mengingatkan diri sendiri bahwa meningkatkan keingintahuan akan melebarkan jangkauan Anda dan membuat Anda lebih cerdas.
  3. Become More Intelligent Than You Are Now Step 10
    3
    Latih pikiran Anda dengan cara-cara berbeda. Kebanyakan dari kita mahir dalam melakukan hal-hal yang kita kuasai secara natural dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Tantang diri Anda untuk belajar kemampuan baru atau untuk berpikir dengan cara berbeda, dan Anda akan benar-benar jadi lebih cerdas. Pilih sesuatu yang ingin Anda pelajari (memainkan akordion, misalnya) atau mata pelajaran yang kurang Anda kuasai (mungkin matematika) dan berfokuslah pada hal itu. Pada awalnya, Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa jadi lebih bodoh dibanding sebelumnya, namun bila Anda belajar dan latihan dengan rajin, Anda akan jadi lebih percaya diri, dan Anda akan menciptakan hubungan baru dengan pikiran Anda.
    Iklan

Bagian 2 dari 4: Cara Belajar yang Lebih Cerdas

  1. Become More Intelligent Than You Are Now Step 2
    1
    Belajarlah dengan lebih efektif. Jika Anda mendapati diri Anda tidak mampu menjawab pertanyaan dari guru atau dosen Anda, atau jika Anda mendapat hasil buruk dalam ujian, mungkin Anda kurang belajar. Bahkan sekalipun Anda belajar banyak, meningkatkan “cara” yang Anda tempuh dalam belajar akan membuat perbedaan besar.
  2. Become More Intelligent Than You Are Now Step 13
    2
    Kerjakan PR Anda ketika di sekolah dan tugas kuliah Anda di kampus. PR untuk latihan, dan tugas kuliah untuk membantu Anda mencerna apa yang baru saja dipelajari. Ketika Anda melakukannya, Anda akan lebih percaya diri menghadapi mata pelajaran terkait.
    • Seringkali, mengerjakan PR tidak sama dengan belajar, jadi Anda tidak dapat menyebut PR sebagai belajar. Belajar melibatkan refleksi yang dalam dan terobosan pemahaman yang menyangkut dalam ingatan Anda.
    • Hindari godaan untuk menunda, menyelesaikan PR di menit terakhir, atau mencontek PR orang lain. Itu bukan belajar namanya – itu hanya mengerjakan dan kemudian langsung lupa; cara seperti itu sangat tidak berguna ketika Anda berada dalam dunia kerja yang menuntut Anda untuk mengingat dan menggunakan pengetahuan Anda.
    • Jangan belajar hanya karena harus belajar, tidak akan manjur. Carilah cara agar Anda tertarik, buat belajar jadi menyenangkan dan Anda akan menguasainya lebih cepat, dan mengingat lebih banyak.
  3. Become More Intelligent Than You Are Now Step 3
    3
    Banyak-banyaklah membaca. Setiap hal yang diketahui manusia dapat Anda temukan di media tertulis, baik itu buku dan majalah atau internet. Jadilah pembaca yang lahap, dan Anda akan mengekspos diri Anda akan gagasan dan informasi baru. Jika Anda pembaca yang lambat, pertimbangkan untuk belajar membaca cepat. Cobalah untuk membuat catatan, dan mungkin mencari satu-dua kata dalam kamus.
    • Jika Anda pembaca yang lambat, sisihkan waktu yang tak dapat diganggu untuk membaca, dan minta orang-orang agar tidak menggangu Anda. Utamakan kualitas bacaan daripada kuantitas, pasang target dan siapkan hadiah kecil bagi Anda untuk setiap bacaan yang selesai dibaca.
  4. Become More Intelligent Than You Are Now Step 4
    4
    Sering-seringlah mengunjungi perpustakaan dan mengambil apapun yang menarik bagi Anda. Subjek/permasalahan tidak sepenting kegiatan membaca. Selalu miliki bahan yang bagus untuk dibaca.
  5. Become More Intelligent Than You Are Now Step 6
    5
    Penelitian. Rasa ingin tahu tanpa inisiatif sama seperti mempunyai mobil yang kehabisan bensin – Anda tidak akan ke mana-mana. Untungnya, bila soal pengetahuan, Anda tidak pernah jauh dari kesuksesan. Bila Anda membaca kata yang tidak Anda mengerti, carilah dalam kamus. Bila Anda penasaran bagaimana pesawat bisa terbang, bacalah buku tentang pesawat. Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai politik, bacalah surat kabar. Buka internet dan jelajahi dunia yang mendalam.
  6. Become More Intelligent Than You Are Now Step 7
    6
    Pelajari cara mencari tahu. Jika Anda tahu cara menggunakan referensi, mulai dari mesin pencari di internet sampai ensiklopedia, Anda akan dapat menemukan informasi yang Anda cari dengan lebih cepat dan efektif. Kemampuan riset yang efektif akan menumbuhkan rasa ingin tahu karena Anda akan lebih percaya diri dengan kemampuan Anda dalam mengakses pengetahuan. Jika ada yang perlu ditingkatkan dari kemampuan riset Anda, ikutlah kelas atau workshop tentang riset, tanya pustakawan atau guru, atau cukup berlatih melakukan riset. Bisa juga dengan mengklik tombol “Help” di internet dan komputer.
  7. Become More Intelligent Than You Are Now Step 8
    7
    Cari tahu sendiri. Ada banyak lagi untuk melatih kecerdasan selain “Buku Pintar”. Kita semua dapat belajar untuk melakukan tugas harian di tempat kerja, rumah, dan sekolah dengan lebih baik dan lebih rajin. Jika ternyata Anda tidak tahu cara melakukan suatu hal, tahan godaan untuk minta tolong atau bertanya. Seringkali, Anda akhirnya dapat mencari tahu caranya sendiri, baik dengan trial-and-error atau dengan meneliti. Sementara biasanya makan waktu lebih lama untuk mencari tahu sendiri daripada bertanya, Anda akan belajar lebih banyak mengenai keseluruhan proses, dan mengingatnya lebih baik. Paling penting, Anda akan mempraktekkan kemampuan problem-solving Anda daripada kemampuan “melakukan sesuai yang disuruh”.
    Iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar