Kamis, 03 Desember 2015

PEMANDIAN CIKOROMOY

Pemandian Cikoromoy masuk ke dalam target kunjungan setelah menemukan nama ini dalam suatu pencarian di mesin pencari Google saat perjalanan pulang ke Jakarta setelah mengunjungi Karang Bolong. Nama “Ci” merupakan kata yang lazim dipakai di daerah Jawa Barat untuk nama tempat atau sungai, seperti Citarum, Cibaduyut, Ciroyom dan Cihampelas.
Ci dalam bahasa Sunda, tampaknya berarti sungai. Pemandian Cikoromoy adalah suatu kolam pemandian alam tradisional yang terletak di desa Kadu Bungbang, Pandeglang, sekitar 111 km dari Jakarta ke arah barat daya.
Perjalanan ke Pemandian Cikoromoy melewati Kota Pandeglang yang terlihat sejuk berlatar pegunungan membiru. Sempat bertanya arah ketika melewati alun-alun Kota Pandeglang yang luas.
pemandian cikoromoy pandeglang
Pemandangan kota Pandeglang dalam perjalanan menuju Pemandian Cikoromoy dengan latar belakang pegunungan yang indah.
Pada sebuah pertigaan dimana terdapat tengara menuju ke Batu Quran jika lurus, kami memilih untuk belok ke kiri, dan beberapa saat kemudian ada tanda belok ke kanan menuju ke Pemandian Cikoromoy. Jalan ini sempit melewati tengah persawahan, dan pengunjung akan mengalami kesulitan jika bertemu kendaraan dari arah depan.
Tidak lama kemudian sampailah kami ke lokasi Pemandian Cikoromoy dengan tempat parkir yang lumayan luas. Di sebelah Pemandian Cikoromoy yang asli terlihat ada pemandian lain yang dibuat lebih baru namun sepertinya sepi atau belum digunakan.
pemandian cikoromoy pandeglang
Anak-anak tengah menikmati air alam Pemandian Cikoromoy yang sejernih kristal dingin segar yang berasal dari pegunungan. Kucuran air yang tidak pernah terhenti ini berasal dari pegunungan Pulosari.
Pemandian Cikoromoy adalah tempat pemandian sederhana yang dikelilingi oleh warung lesehan yang menawarkan masakan ikan air tawar bakar atau goreng. Pengunjung membayar tiket masuk Rp.2.000 per orang, dan Rp.5.000 untuk parkir mobil.
Udara di sekitar kolam pemandian cukup sejuk, membuat seleran makanan naik untuk menyantap hidangan ikan bakar, sayur kangkung, sambal dan nasi hangat.
pemandian cikoromoy pandeglang
Sembari makan, selain terhibur dengan anak-anak yang tengah bermain di pemandian, kami juga dihibur oleh gerombolan ikan yang diternakkan dalam kolam dangkal jernih di bawah dan di samping warung, menggunakan aliran air yang mengalir dari dalam kolam Pemandian Cikoromoy.
Sejenak beristirahat menikmati suasana sekitar Pemandian Cikoromoy setelah selesai menyantap makanan yang terhidang serta menyeruput minuman hangat, kami pun bersiap-siap untuk meneruskan perjalanan.
Saat meninggalkan Pemandian Cikoromoy saya berpikir apakah cukup berharga untuk waktu dan jarak yang harus ditempuh untuk perjalanan menuju ke sana. Jawabannya adalah iya. Airnya yang dingin segar dan begitu jernih, serta pemandangan di sekelilingnya yang begitu indah membuatnya layak untuk dikunjungi.
Namun Pemandian Cikoromoy masih memerlukan banyak perbaikan di sana-sini jika ingin meninggalkan kesan yang lebih indah bagi para pengunjung.
Akses: Dari tol Jakarta-Merak, keluar pintu tol Serang Timur, dan belok ke kiri ke Jl. Jakarta. Setelah melewati terminal bus Pakupatan, belok ke kanan pada lampu merah pertama, dan ikuti terus jalanan sampai ke kota Pandeglang. Bertanyalah arah ketika sampai di alun-alun kota pada foto di atas.
Setelah sekitar dua jam perjalanan dari pintu tol, anda akan bertemu dengan pertigaan dengan tanda arah ke Batu Quran, namun tidak ke Cikoromoy. Anda bisa lurus mengikuti arah ke Batu Quran itu atau belok ke kiri dan sekitar 100 meter kemudian belok ke kanan, masuk ke jalan yang hanya bisa muat untuk satu kendaraan. Ikuti jalan ini, dan anda akan sampai ke Pemandian Cikoromoy.
Sebaiknya anda pergi ke sana tidak pada hari libur nasional, karena anda bisa terjebak dalam kemacetan yang cukup panjang ketika menuju atau pergi dari tempat itu.
Foto Pemandian Cikoromoy berikutnya: 4.Hijau Sawah Biru Gunung 5.Tugu 6.Riang Ria 7.Melayang 8.Jernih Air 9.Sejuk Gunung 10.Tiga Sekawan 11.Indah Bersama 12.Gunung Biru Kurindu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar